I'm Learning French

November 19, 2020

 


Aku sempat menyinggung kalau sebulan terakhir ini aku lagi belajar Bahasa Prancis. Dan tahu nggak sih, di hari ke-9 dari 30 Days Writing Challenge, temanya itu language. Yeeaayy!! Akhirnya ini saat yang tepat buat berbagi kesusahanku belajar Bahasa Prancis, khu khu khu~

Supaya lebih mudah dan memberikan variasi ke tulisanku yang kebanyakan absurd ini. Aku akan menggunakan mode QnA. Selamat membaca!

Q: Kenapa memilih belajar Bahasa Prancis?

Sebenernya nggak ada alasan yang kuat, pokoknya aku tertarik buat belajar Bahasa Prancis. Selain itu, menurutku Bahasa Prancis adalah salah satu bahasa terseksi yang pernah aku dengar.

Tapi walaupun ada keinginan bukan berarti aku langsung belajar ya. Keinginan ini muncul setahunan belakangan, berawal dari salah satu influencer favoritku di Instagram. Cuman, pas aku mau memulainya, kok susah? Fix, ini nggak bisa belajar sendiri, harus ngambil kelas. Yaudah deh jadi angin lalu.

Terus, sebulan yang lalu, aku nonton Emily in Paris. And I dunno why, keinginanku buat belajar Bahasa Prancis keluar lagi dan lebih ngebet! Padahal dibalik itu semua ini tuh bagaikan ironi. Aku nggak nonton Emily in Paris sampai selesai plus di serial itu mayoritas bahasa yang digunakan adalah Bahasa Inggris.



Q: Bagaimana caranya memulai belajar bahasa asing? Apakah ada metode khusus?

To be honest, I don’t have specific methods to learn French. As simple as I'm doing my tasks on apps, watching Youtube, and listening to the podcast.

Sebelum belajar bahasa asing aku sempet clueless, ini mulai dari mana ya? Karena waktu belajar Bahasa Inggris sudah dimulai waktu kita sekolah dulu ya? Ada gurunya, bahkan kalau mau lanjut belajar di tempat lain, banyak kelas-kelas Bahasa Inggris yang tersebar.

Beda dengan Bahasa Prancis, pelajarannya nggak masuk kurikulum sekolah, terus kalau mau ngambil kelas, masih jarang dan kalau ada di kota-kota besar, yah walaupun udah ada kelas online juga sih, cuman masih terhitung jarang.

Dan Bahasa Prancis nggak se massive Bahasa Inggris, sesederhana kamu nanya orang di jalan, mereka pasti tahu apa Bahasa Inggrisnya ya atau tidak, coba Bahasa Prancis, nggak banyak yang tahu.

Jadi, aku mengandalkan sarana yang ada aja, kayak apps belajar bahasa seperti Duolingo dan Memrise, nonton youtube, sama dengerin podcast. Cuman yang paling sering dan wajib tuh main Duolingo sama Memrise. Aku biasanya nyisihin 15-30 menit waktuku dalam sehari buat belajar Bahasa Prancis.

Q: Bahasa Prancis sulit nggak sih?

Wkakakaka.. bien sŭr.. of course. It’s quite hard! Apalagi first language kita kan Bahasa Indonesia nih, ketemu bahasa yang susunannya kompleks dan punya banyak aturan, berasa rumit. Tapi ini tuh menarik di saat yang bersamaan. Aku akan coba rangkumkan, apa sih yang bikin sulit dalam belajar Bahasa Prancis:

Pengucapan, yang paling kentara perbedaannya antara Bahasa Prancis dan Bahasa Indonesia, apa yang ditulis bukanlah apa yang dibaca, sama dengan Bahasa Inggris juga. Kalau dalam Bahasa Indonesia kan jelas tuh, kita nulis APA bacanya ya APA. Sedangkan dalam Bahasa Prancis, kita menulis UN bacanya bukan UN tapi A. Dan dalam Bahasa Prancis, pengucapan kata yang benar itu penting.

Gramatika, sudah jelas dan pasti, no debat-debat club. Aku harus belajar bagaimana membuat kalimat yang benar. Yang bikin pusing, setiap membuat kalimat harus diperhatikan apakah itu masculine atau feminine, apakah itu untuk aku, kamu, kita, atau mereka. Kalau di Bahasa Inggris verb nya sampai verb 3, di Bahasa Prancis keknya bisa sampai 5 atau 6 gitu lah, tergantung subjek dan waktunya.

Masculine and feminine words, sumpah aku baru tahu kalau dalam Bahasa Prancis, kata itu mengandung gender. Masih suka salah tiap kali ngerjain Duolingo. Suka lupa kalau kata ini tuh masculine, yang ini feminine. Contoh deh, makanan. Untuk kata masculine dalam kosa kata makanan salah satunya adalah pain (roti), maka pain ini akan ditulis dengan un pain atau le pain. Untuk kata feminine adalah pizza (pizza), maka pizza ini akan ditulis dengan une pizza atau la pizza.

Q: Apakah kamu berharap bisa lancar berbicara dalam Bahasa Prancis dengan belajar sendiri?

I didn’t set my expectation for being able to speak in France. Ini cuman lebih ke.. tahu dasar-dasar Bahasa Prancis. Jadi kalau nanti udah ada waktu dan ketemu kelas yang cocok, setidaknya udah ada fundamentalnya gitu, nggak yang kosong melompong banget.

Dari beberapa video di youtube, ada yang bisa ngomong pake Bahasa Prancis dalam waktu singkat dan belajar sendiri pula. Cuman tingkat kecerdasan kan beda-beda tuh, aku sih nggak yakin aja sama otak cetekku ini. Sukur-sukur ngucapin katanya nggak salah. Ho ho ho..

Woow.. tak terasa postingan kali panjang juga ya? Sepertinya ini saat yang tepat untuk mengucapkan, merci beaucoup et à demain – thank you so much and see you tomorrow.

Baca Artikel Populer Lainnya

13 komentar

  1. Bahasa Prancis adalah salah satu bahasa terseksi yang pernah aku dengar.

    hmm??? kalo buat saya bahasa terseksi itu bahasa jepang di anime yang ngomongnya bocah cwek kecil wkwkwk imut

    ReplyDelete
  2. Kak Pipit benar banget! Bahasa Prancis tuh susah karena pengucapannya berbeda dari yang ditulis wkwkwk. Aku kalau dengar sama lihat tulisan bahasa Prancis langsung heran sendiri HAHAHA

    Kak Pipit hebat bisa belajar sendiri! Semangat Kak! Semoga bisa cepat mahir hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget!
      Ada salah satu toko dessert favoritku yang nama-nama dessertnya pake Bahasa Prancis. Sebelum belajar Bahasa Prancis, aku g tau gimana cara bacanya. Jadi tiap kali mau kue yang mana selalu "Mbak, aku mau yang ini" sambil nunjuk. Saking g tau ini bacanya apaan XD
      Makasih Lia.. (keinget pesennya Lia yang cuman minta dipanggil nama :D)

      Delete
    2. Tricky banget bahasa Prancis 🤣 tapi kalau udah bisa, hebat sekaliii. Kata orang, bahasa Prancis itu sexy kalau diucapkan. Nanti kalau Kak Pipit udah mahir, kesexy-an Kakak akan bertambah deh 😝

      Hiahaha thank you, Kak! Lebih enak dipanggil nama aja 🙈

      Delete
  3. Beuuuh bahasa Perancis menurut saya susah bangettt, mau listening sampai bagaimana pun juga tetap nggak paham paham tuh orang bicara apa 😂 Mungkin karena itu saya jarang menonton film berbahasa Perancis meski ada subtitlenya 😅

    Tapi saya setuju sama mba Pipit, bahasa Perancis memang sangat seksiiii. Entah kenapa setiap pria yang bicara pakai bahasa Perancis, gantengnya jadi naik, kesannya romantic 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Eno.. I feel that also!
      Aku coba dengerin lagu Bahasa Prancis juga baru bisa denger beberapa kata aja. Pas ada percakapan, buset suka bingung pada ngomong apaan? XD
      Kita sehati Mbak Eno, emang ini bahasa terseksoy!

      Delete
  4. waduh teteh belajar bahasa prancis, hebat, bahasa yang jarang itu, banyaknya bahasa Indonesia dan ingris, tapi saya cinta bahasa Indonesia lebih dari bahasa lainnya yang ada di dunia, he-he

    ReplyDelete
    Replies
    1. To be honest, Bahasa Indonesia yang baku dan benar itu buatku sulit banget loh! Pas jaman sekolah, nilai Bahasa Indonesiaku mentok 75. Siapa tahu Kak Kuanyu nilainya bagus banget di Bahasa Indonesia.

      Delete
  5. aku menyerah mbak klo bahasa prancis
    dulu kelas X pernah belajar ujian dapat 30 40 ahahahaha
    aku ga kuat sama maskula femina
    terus le la dan aturan lainnya
    belum pengucapannya,

    (kibarkan bendera putih)
    tapi saya salut sama mbak pipit yang semangat
    asli, ini bahasa sulit banget
    semoga cepet mahir mbak

    ReplyDelete
  6. Ya ampuuun pengucapan aja udah susah ternyata ada gendernya juga😅 kalau gak salah bahasa Italia juga ada gender gini deh kata temenku.
    Semangat belajarnya! Semoga bisa mahir bahasa Prancis💪

    ReplyDelete
  7. Setuju nih Bahasa Perancis itu seksi, dari pelafalan aja udah kedengeran seksi beda dari bahasa lain.. Tapi ya itu yaaa pelafalannya susah banget 😌 Ada penyanyi Perancis yang aku suka, namanya Cœur de Pirate (bahkan ga tau gimana bava nama dia secara proper) dan ga bisa ngikutin dia nyanyi karena susah banget kalau sambil baca lirik 🙈

    Semangat belajarnya Pipit 💕

    ReplyDelete
  8. Bonjour,, bonjour,, gracias.. Itu aja sih yg gue tau... hahah ehh itu prancis kn yah?? wkwkw Hasil copasan dari mr bean holidays.. semalem abis rewatch soalnya jadi kebawa..

    Pengen juga belajar asing di lembaga tutor gitu.. Tapi kayanya si otak nggk bakal nyampe.. hhaah

    di tempat kerja saya kan banyak orang jepangnya. Dan mereka kalau ngomong suka mix antara bahasa inggris, bahasa jepang sama bahasa Indonesia... 3 tahun kerja disana, saya jadi malah ikutan ngomong kaya mereka dengan bahasa campur2.. haha Yah walaupun kebanyakan bahasa Indonesia, dan end up jadi bahasa tubuh kalau semisal mereka masang mimik wajah bingung...

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X