PRE WEDDING

November 15, 2020

 


Salah satu dream jobs yang pingin aku lakoni adalah photographer. Kenapa photographer? Seru! Eh tapi kalau ditanya soal dream jobs ya seru semuanya, hehehe.. 

Ngomong-ngomong soal photographer, aku pernah ikutan temenku ngerjain pre wedding. Ikut doang yaaa.. jadi bisa lihat proses jepret-jepret kedua insan yang berbahagia ini. Walaupun ikut doang tetep dong aku bawa kamera sendiri, jadi sekalian praktek.


Karena mau ikut temenku kerja, jadi dari beberapa hari sebelumnya, aku buka-bukain tuh video foto pre wedding di youtube. Setidaknya aku dapet gambaran lah, kayak apa sih motoin pre wedding?

Dari sekian banyak video yang aku tonton, poin yang aku dapat tuh hampir sama. Segala teknik fotografi yang digunakan dalam pre wedding hanya sekitar 20% aja, sisanya adalah gimana caranya mengatur si manusia dari sisi psikologisnya.



Lokasi pengambilan foto ada dua, yang pertama di kawasan wisata Air Terjun Dholo dan yang kedua di Candi Tegowangi. Kami berangkat dari pagi, untuk ke lokasi pertama di Air Terjun Dholo, dan lokasi kedua pas menjelang sore di Candi Tegowangi.

And what I can say is.. the game is real! Walaupun bukan foto-fotoku yang dibuat si klien, tapi demi apapun ini tuh susah tapi seru. Nah loh.. aku juga bingung jelasinnya.

Apa yang dijelasin di video-video yang aku tonton rata-rata aku ngerasain. Ada pressure yang bikin aku kudu muter otak ketika menghadapi si objek. Karena objeknya manusia, otomatis tiap orang berbeda kepribadiannya. 



Ini tuh kaya.. gimana caranya membuat objek ini dengan senang hati mengeluarkan emosinya senatural mungkin lalu momen ini aku abadikan dalam foto. Dan tantangannya akan kerasa ketika si objek bukan lah orang yang terbiasa untuk action di depan kamera, jadi buat dapet sisi natural nya tuh susah-susah gampang.

Selain itu kudu bisa ngeset mood sendiri, karena mood itu penting sekali, ntar keliatan banget di foto. Belum lagi harus berjibaku dengan waktu, karena tukang foto suka dengan cahaya alami dari matahari. Jadi kalau salah waktu, udah.. susah ntar ngeditnya. Wkakakaka~

Jadi apakah Pipit masih ada keinginan dengan dream job nya ini? Masih dong.. Bisa ikutan langsung terjun ke lapangan itu suatu kesempatan, jadi tahu struggle nya moto itu apa aja? Mungkin untuk saat ini latihan dulu lah dengan ngajakin teman-temanku yang secara suka rela mau jadi modelku. Sekalian mengasah kreatifitas sama gear yang seadanya, kan katanya person behind the gun tuh. Tapi ntar kalau ada duit pingin upgrade lensa, uhuuy!

How about you? Do you have a dream job?

Baca Artikel Populer Lainnya

24 komentar

  1. Wah mba pipit wahaha ga kebayang susahnya motoin prewedd. Aku tuh motoin 1 model aja (adekku yang jadi model) agak susah. Angle nya kurang pas lah, kok di hasil foto modelnya jadi lebih kecil dan pendek, enggak kelihatan beautynya, ginilah gitulah. Serba bingung. Dan ini foto prewedd dimana ada 2 model yang harus disatuin jadi beauty in frame saat shot hahaha aku belum pernah coba.

    My dream job adalah model mbak. Dah lah yuk jepret jepret. Kamu jalanin dream job jadi Fotographer, dan aku jalanin my dream job jadi model inframe nya HAHAHA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang tantangannya di situ tuh, kita yang pegang kamera berarti harus tahu si objek ini potensinya apa dan gimana caranya bisa mengeluarkan potensi itu saat pemotretan. Aku pun beberapa kali mengalaminya. Cuman akhirnya kalau harus ngambil objek, mending ke human interest aja. Aku g minta model macem-macem, cukup melakukan aktivitas biasanya, dan aku yang menunggu momen. Kecuali kalau yang bersangkutan memang demen depan kameran. Tinggal diarahin dikit, jadi deh.

      Wkakaka~
      Bisa bisa!! Tapi ke Kediri dulu yaa~ :p

      Delete
  2. Wooh aku td kira mmbak Pipit yg pre wed, baru aja mau ngucapin selamat :D

    ReplyDelete
  3. Dream job aku jadi programmer deh kayaknya mba, hehehe. Dunno why, selalu suka nengokin teman-temanku yang ngotak-atik codingan di laptop mereka. Pernah belajar dikit, tapi puyeng hahaha. Yaudah, ngayal aja deh.

    Mudah-mudahan kesampaian ya mba, aku lihat foto-foto mbaa keren kok.Mba pasti juga jago edit. Ditulis aja dulu mba, nanti semesta ikut mengaminkan. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ngoding tuh kalau dilihat seru, cuman bener.. puyeng oy lama-lama. Aku pun kalau ngeliatin temen kantor lagi ngoding, kek berasa ini orang pinter banget gitu! Padahal aku sendiri kalau disuruh ngoding di blog udah nyerah deh!

      Aamiiin..
      Makasih Mbak Sovia <3

      Delete
  4. Kak Pipit hasil fotonya bagus-bagus 😍. Jadi terbayang juga bagaimana sulitnya jadi fotografer dan orang yang difoto hahaha. Aku banget itu yang orang jarang difoto ðŸĪĢ. Pasti aku kaku sekali kalau difotoin orang.

    Aku bantu doakan juga agar dream job Kakak sebagai fotografer bisa terwujud. Aminnn 🙏ðŸŧ

    Kalau my dream job jadi psikolog ðŸĪŠ tapi yang ini udah sulit untuk dicapai wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah tugasnya fotografer ya gitu, tapi ntar tergantung spesialisasinya juga. Kalau pre wedding atau wedding berarti kudu bisa membangkitkan keinginan Kak Lia buat mau dijepret depan kamera.

      Aamiin..
      Kamu juga yaaa
      Jadi psikolog itu menarik, cuman kudu sekolah formal dulu biar g dikira abal-abal XD

      Delete
  5. Pernah bantuin prewed temenku, yang lucu kalo salah satunya ekspresif dan suka banget difoto, tapi pasangannya kaku dan susah difoto wkwkwk

    Mba Pipit hasil fotonya baguuuss, terutama yang close up detail itu ku suka 💕

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah, ini juga pas milih foto buat di post juga sama. Jadi dari sekitar 30 an foto yang layak tayang cuman 5 atau 6 gitu XD

      Aaaww.. makasih <3

      Delete
  6. Bagus hasil fotonya, paling suka yang di bawah tanaman gede-gede itu sama yang ada cahaya mataharinya. Modelnya juga nggak kaku. Mongomong soal dream job, aku punya beberapa sih di antaranya jadi penulis buku kayak JK Rowling atau RL Stine tapi anaknya mager nulis fiksi xD terus pingin jadi dokter juga tapi apalah daya otak dan finansial tidak mencukupi wkwk, sama ini lho pingin jadi booktuber tapi sampe sekarang cuma unboxing kpop album aja isi channelnya xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mbak Endah 💕
      Kamu coba deh nyari wangsit ke toko buku favoritnya JK Rowling, siapa tau ntar dapat kekuatan lebih 😆
      Aku juga sempet pingin jadi dokter jaman SD dulu, eh ternyata pas ngambil penjurusan di SMA milih IPS karena otak tak sanggup ada di IPA 😎

      Delete
  7. Kirain Pipit yang dijepret pre-wedding. Udah mau ngucapin selamat.

    Kalau ngomongin dream job, dream job aku sih segala sesuatu yang berhubungan dengan tulis-menulis, dan kebetulan kerjaan sekarang juga berhubungan dengan itu. Jadi seneng. Tantangannya ya harus terus update soal tren di dunia tulis menulis dan terus belajar atau ikut seminar buat terus ningkatin skill karena ternyata luas banget. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh kan, kamu tertipu, kamu terjebak!
      Yeeaayy, selamat yaaa, ternyata kerjaannya sesuai dengan apa yang diimpikan. Dan pastinya kalau disuruh upgrade skull juga makin semangat g sih?

      Delete
  8. Samaan kita dreaming jobnya fotografer, kak.
    Tapi ngga cuma fotografer, ada juga properti kostum sewaan gitu.
    Cuman peralatan dan printilan merk kamera yang memang bagus hasil kualitas gambarnya kan mehong ...

    Jadinya saat ini kutunda dulu keinginanku satu itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sewa kostum? Nice sekali!!!
      Aku jadi membayangkan punya satu ruangan gede yang isinya kostum!

      Iya bener, printilan kamera emang mehong. Dan g memungkiri kalau ini salah satu penunjang kalau emang serius punya karier jadi fotografer.

      Kita nabung-nabung dulu mas, sambil kerjain yang lain 😁

      Delete
  9. Hasil fotonya cakeeepppp mba, secakep yang motret hihihihi 😆💕

    Semoga cita-cita jadi fotografer prewed bisa kesampaian suatu hari nanti yaaaa, mba Pipit ~ yang terpenting pelan-pelan bangun porto dari sekarang, mana tau clients soon akan berdatangan 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eeh eeh gimana? ðŸ˜ģ😆
      Aamiiin, makasih Mbak Eno 💕
      Walaupun sebenernya g ada niatan ini jadi porto, tapi blog sama instagram bisa banget jadi tempat porto. Praktis

      Delete
  10. nah itu dia banget hey pipit!

    motret itu satu hal, sangat teknis. tapi justru 70%nya ada di gimana biar orang yang mau difotonya bisa tetap menjadi dirinya sendiri dan menikmati momennya meskipun kita pelototin pake lensa kamera, hahaha..

    PR banget juga tuh kalo orangnya jarang difoto, unnatural-nya bakal keliatan.
    Itu juga yang jadi PRku, sisi psikologis gimana biar feel-nya dapet dan senatural mungkin. hugh task sih,

    in time, kalo terus learning by doing, pipit pasti banget bakal jadi fotografer prewed yg keren.
    teruslah berbuat kesalahan sampe akhirnya ga tau harus ngelakuin kesalahan apa lagi, tau-tau jadi fotografer yg menghasilkan foto perfect!

    my dream job? apa ya...kalo traveling sambil motret dan nulis itu jobnya kyk apa ya?ada kan ya job kyk gitu? hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu menjelaskan dengan sangat baik Dy!
      Aku mah no debat-debat club yee..

      Eh ada kok itu, cuman ntar job nya g cuman 1, ya kamu author + photographer + traveler. Semoga kesampaian ya Dy!!!

      Delete
  11. Kalo dulu, aku ga lakuin foto pra wedding Krn 2 alasan mba. Pertama, aku ga suka difoto :p. Mkanya udh kebayang ga bakal bisa pose senatural dan semesra itu sih di depan orang2 :p. Yg paling parah juga, aku sadar diri ga photogenic di kamera :p. Kayak musuhan bangett pokoknya.

    Alasan kedua, papaku yg fanatik bgt agamanya ga ngizinin hahahahah. Dia bilang blm muhrim. Baru kali itu aku bersyukur papa bertitah :p. Jd pak suami ga bisa ngapa2in juga hehehehe.

    Dream job? Pastilah yg terkait Ama traveling :p. Enak bgt kali yaa kalo dpt kerjaan yg mengharuskan banyak pindah2 negara, cthnya kayak mertuaku jd diplomat :p. Sayang dulu pak suami ga kepengin kamar jd diplomat dgn alasan ga mau ngekor papanya -_-. Aku udh ngayal aja kalo dia jd diplomat aku bisa ikutan kliling hahahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. To be honest, aku pun g kepikiran prewed Mbak.
      Bukan karena gimana-gimananya, cuman sayang duit. Wkakakaka~
      Mon maap, anaknya emang rada kenceng kalau urusan duit 😆

      Woooww!!
      Aku ngeliat kerjaan diploma keknya seru uga yaa.. Keliling dunia.
      Tapi kalau berkeluarga, ada g enaknya juga pindah-pindah. Bapak aku dulu kerjaannya pindah-pindah gitu Mbak, dan sebagai anak yang ngintilin, capek aja gitu pindah sekolah, kudu adaptasi, kudu nyari temen baru. Akhirnya pas mau masuk SMP aku dipulangin ke rumah mbah, biar stay di sini terus g perlu pindah-pindah

      Delete
  12. Impian yang sama dengan si Kribo. Jalani Pit.. Rintis jalan kesana kalau memang passionnya ke situ. Bukan hal yang mudah, tetapi tekuni dan jalani.. nanti ada jalannya...

    Betul banget hal paling menentukan adalah kedua pengantinnya. Kadang ada yang terlalu capek sehingga mood antar keduanya tidak ketemu, dan akhirnya sebagai fotografer juga kebawa suasana... hahaha.. Ada yang ngeyel disuruh pake baju warna cerah karena lokasi biasanya dominan hijau dan agak gelap, eh malah pakai biru dongker.. Disuruh bangun pagi, eh datengnya siang..wakakakakakakak....hasilnya puyeng fotografernya..

    Foto yang pertama bagus, tapi yang kedua Ray of Light agak kebanyakan cahaya dan wajah si wanita kurang terlihat.. kalau motrtnya geser dikit, muka si cewek lebih muncul.. ahahha

    Yang aku suka yang berdua di bawah daun...

    (Cuma kayaknya agak kesiangan ya Pit.. wakakak.. sinar mataharinya kayaknya kuat banget hahahaha...)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap Mas Anton!
      Senengnya akhirnya Mas Anton mau menilai foto-fotoku 😆
      Rinci banget ini penjelasannya, dan bener banget perkiraan Mas Anton, ini udah kesiangan Mas 😎
      Makasih banyak Mas Anton atas masukkannya 🙏

      Delete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X