Recap Of October 2020

November 04, 2020

 

Photo by Jonathan Robles from Pexels

Time flies so fast, doesn’t it? Nggak paham lagi, tiba-tiba aja udah November. Jangan-jangan abis naikin tulisan ini, besoknya udah Desember. Iya besoknya Desember, soalnya tulisan ini di set buat up tanggal 30 November, canda~.

Apakah kalian semua siap untuk meneruskan Recap Of October 2020? Karena sesungguhnya nggak ada yang menarik, wkakakaka…

Blogging Activity

Tong kosong nyaring bunyinya, aku sok-sok an pake peribahasa tapi nggak tahu ntar nyambung apa nggak sama poin yang mau aku sampaikan, hehehe..

Jadi di awal bulan Oktober, aku sempat sesumbar, bakal lebih aktif ngeblog ketimbang bulan September. Eh eh.. ternyata, sama aja. Emang dasar diriku yang tidak punya prinsip, awokwokwok!

Setelah aku telusuri dan melakukan riset kecil-kecilan pada kinerja ngeblogku, ternyata oh ternyata, weekend dan tanggal merah ikut berpengaruh pada kinerjaku. Aku ngeblog seperti orang ngantor. Senin sampai Jumat bakal jadi waktu aktifku, sedangkan Sabtu, Minggu, beserta hari libur lainnya, membuatku ikutan libur.

Bisa kebanyang kan, Oktober kemarin sempat ada long weekend nya. Ya udah, aku juga ikutan libur kerja dan ngeblog, hehehe..

Netflix and Chill

The Social Dilemma (TSD), dokumenter ini bercerita tentang social media yang telah menjadi part of our life. Yang membuatku berkesan dan terngiang-ngiang soal TSD adalah this is the truth of social media, I mean kita suka terlena dan lupa kalau sosmed itu nggak hanya sekedar tempat berinteraksi. Kecanggihan teknologi menjadikan kita sebagai bahan percobaannya.

Aku sempat membaca artikel tentang How Social Media Shapes Us. Setelah membacanya, tidak ada awareness yang muncul, ya hanya sekedar, cukup tahu aja lah. Eh pas nonton TSD, seakan-akan artikel yang aku baca itu tervisualisasikan dan lumayan memberikan efek setelah menontonnya. 

To be honest, efek TSD membuatku lebih berhati-hati dengan sosmed dan internet. Mereka ini bagaikan pisau bermata dua, kalau aku bisa memakainya dengan baik, ini akan bermanfaat untukku. Sebaliknya, ini bisa menyakitiku kalau aku tidak bijak menggunakannya.

The Queen's Gambit, salah satu series Netflix terdabes selain Sex Education. Aku jatuh cinta dengan karakter Beth Harmon karena karakternya yang kuat, pekerja keras, and of course, she's a woman, yang diceritakan pada masa itu (1960-an), pemain catur perempuan adalah sesuatu yang asing dan diremehkan.

Beth membuktikan bahwa stigma gender harus dipatahkan, semua gender memiliki kesempatan yang sama untuk meraih cita-citanya. Walaupun aku sendiri tahu dan menyadari, it won't be easy, tapi tidak ada yang tidak mungkin.

Emily in Paris, series yang membuatku belajar Bahasa Prancis di bulan Oktober. Walaupun sebenernya ironis sih. Ironisnya itu, aku tidak menonton serial ini sampai episode terakhir, dan sepanjang series ini berjalan, mayoritas menggunakan Bahasa Inggris ketimbang Bahasa Prancis. Apa gara-gara judulnya Emily in Paris ya? Kan Bahasa Inggris tuh, coba kalau judulnya Emily à Paris, ntar siapa tahu auto pake Bahasa Prancis, Inggrisnya dikit.

Alice, bukan serial Netflix sih, tapi aku tontonin drakor ini sampe tamat. Diawal-awal penanyangan aku excited karena ceritanya dibumbui time travel dan pembunuhan. Eh ternyata, pas di akhir-akhir.. yaudah lah.. cukup tahu aja, hahaha..

I’m Learning French

Seperti yang aku singgung sebelumnya, karena Emily in Paris, aku memutuskan untuk belajar Bahasa Prancis sejak bulan Oktober kemarin. Ketika postingan ini aku up, aku sudah memasuki hari ke-25.

Yang aku pelajari masih yang dasar-dasar aja sih, seperti memperkenalkan diri, angka, alphabet, dan sedikit grammar. Sejauh ini, karena belajarnya dimulai dari nol (pertamina wanna be), lumayan pusing karena harus menghafalkan kosa katanya yang ternyata punya gender. Aku tiap kali nyelesain soal-soal gitu, masih suka lupa, “Eh, ini masculine apa feminine ya?”. Ujung-ujungnya nanya google, hehehe..

***

Kalau kalian, apa nih kegiatan yang paling berkesan di Bulan Oktober kemarin? Let me know your story.


Baca Artikel Populer Lainnya

20 komentar

  1. Ola Kak Pipit! Long time no see 🙈.
    Semoga bulan ini bisa lebih aktif lagi dalam bloggingnya karena bulan ini tidak ada long weekend lagi huhuhu *antara sedih dan senang*

    Bulan Oktober ini Kak Pipit banyak sekali series yang ditonton 😱. Btw, Alice tidak sebagus itu ya? Aku belum nonton tapi waktu lihat trailernya sempat berpikir sepertinya ini menarik.

    Semangat belajar France-nya, Kak Pipit! Semoga selalu semangat untuk terusbbelajar ya 😉

    Bulan Oktoberku begitu saja~ kebanyakan baca buku, acara yang aku tonton kebanyakan show aja sama lagi ikutin 1 drakor yang ongoing yaitu Tale of Nine Tailed 🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Lia..
      Iya nih 😭, mencoba untuk lebih aktif. Semoga g banyak hari liburnya, jadi bisa ngeblog sama blogwalking.

      Kalau di aku habis nonton Alice tuh berasa kek, wah aku menghabiskan waktuku dengan sia-sia 🤣
      Soalnya ya gitu, banyak plot holes dan ceritanya jadi membingungkan. Beda cerita kalau ini mau dibikin season ya.. tapi pastinya g

      Merci Mbak Lia 💕
      Aku pun berharap, konsisten mempelajari French untuk beberapa bulan kedepan

      Delete
  2. Aku masih on going nih The Social Dilemma-nya. Makin lama makin terlihat kalau sosial media itu memang 'menyeramkan' kalau disalahgunakan ya. Menariknya, kita bisa dapet insight dari orang-orang yang pernah bekerja di balik platform tersebut. Bahkan mereka pun nggak menyangka apa yang mereka buat bisa berdampak sampai hari ini 😔

    Btw, keren banget sih, Mba belajar French 😍 semoga lancar terus sesi belajarnya ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak Jane
      Aku abis nonton TSD kek merinding sendiri, walaupun sebenernya udah banyak juga visualisasinya tapi ini paling ngena di aku.

      Merci Mbak Jane 💕

      Delete
  3. sama mbak, aku mulai males ngeblog kalau tanggal merah
    mulai berpikir hidup seapaadanya leha leha liat YT Miss Universe wkwkw
    kalaus series aku nunggu liburan panjang sekolah aja
    mbak pipit banyak juga series yang udah ditonton
    aku penasaran sama emily in paris

    temanku juga merekomendasikan
    wah bahasa prancis aku nyerah mbak dulu kelas X selalu remidi ahhaa
    susah banget bedain kata kerja maskula feminanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang penggemar pageant beda yaaa
      Jadi keinget temen-temenku kuliah, mereka juga antusias gitu sama pageant. Aku karena g paham banget cuman jadi pendengar yang baik, sekalian dapat insights dari kontes kecantikan.

      Sama, kalau lagi tes kayaknya aku bakal remidi deh. Masih sering kebalik dan bingung 😂
      Tapi seruuuu!!!

      Delete
  4. Jauh sebelum nonton The Social Dillema, saya sudah cukup mengurangi penggunaan media sosial. Akun Twitter ditutup karena merasa lebih banyak negatifnya sekarang, sementara Facebook buka hanya sesekali dan Instagram lebih sering buat kerjaan aja. Akun pribadi digembok dan hanya menerima pertemanan dari orang yang dikenal. Mungkin kalau ada yang tau bakal mikir, "Apaan sih, parnoan amat, kayak orang penting aja" tapi ya itu kan pilihan saya ya hehe.

    Oktober kemarin, saya cuma sempet bikin podcast sama satu tulisan di blog. Sisanya gatau habis buat apaan aja. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. After all, masih banyak orang yang nyepelein efek dari teknologi bernama sosmed.
      Aku juga sempat disinggung karena chat WA aku mute. Katanya g bisa menghadapi kenyataan. Wait what? korelasinya apa coba? 🤣
      Musuh orang-orang begini nih di satu sisi nyebelin, tapi di sisi lain menguntungkan juga. Melatih kesabaran kita, khu khu khu 😂
      Kek bijak banget diriku

      Aku juga tidur-tiduran sambil nonton netflix, lah udah November aja

      Delete
  5. Ohaloooo dunia kak Pipit, muehehehehe.
    Aku doong nge post karena kerjaan :) /ditampar wkwkwkw.
    Ya ironi ya alhamdulillah.

    Anyway anyway, serial terakhir yang aku tonton tuh Money Heist sama The Witcher, daa lah skip-skip maraton ampe habis langsung. Kalau sekarang jujur nih lagi ngikutin Fun Staurant, reality show nya KBS because about food!

    Ntahlah, aku punya keinginan besar untuk bikin usaha bakso Malang di Bogor nih. Udah hampir dua tahun ga nemu yang se endeus di Malang/Kediri huee.

    ReplyDelete
  6. Bulan oktober kemarin aku habiskan untuk mengerjakan tugas akhir yang super menantang sekali, tugas akhir a.k.a skripsi. YAH Lumayan menguras pikiran sekali, karena membuat sebuah projek aplikasi untuk menyelesaikan masalah atau memberikan solusi untuk perusahaan yang ada di kotaku. Jadi yah untuk blog sempet libur beberapa bulan tuh, padahal tuh awal-awal rencana setidaknya nulis seminggu sekali, eh ternyata sama aja wkwwowkw.. Yagitulah, dan dibulan ini sepertinya perang dengan skripsi masih berlanjut.. AAAAAaaa doain ka semoga desember bisa selesai dan wis udahhh! wis wis wis!

    ReplyDelete
  7. Pancen aku ki akeh konco ne. Aku bikin resolusi buat rajin dan mencoba aktif ngeblog itu tiap awal tahun mbak. Nanti di evaluasi tiap akhir bulan. Ya, ending-endingnya sama kayak dirimu. Niat-niat doang, tapi pas "eksekusi" juga gagal. Pernah nyoba biar bisa bikin minimal 1 postingan tiap minggu kayak dulu aja susahnya minta ampun. Habis kerja mesti pengennya istirahat mulu. Apalagi kalau udah nemu kasur dan pegang hp. Dahlah. Leha-leha yang paripurna.

    Belajar bahasa Perancis di mana mbak? Les atau belajar sendiri via internet? Dulu di SMA ku ada, tapi berhubung aku masuk IPA (abal-abal), jadi dapetnya Bahasa Jepang. Sementara kalau bahasa Perancis dikasihnya ke anak-anak IPS sama Bahasa.

    ReplyDelete
  8. Rekap bulan kemaren itu, kebanyakan kerja dan kerja kak,jadi hari-hari penuh dengan pekerjaan kantor, kalo dirumah paling ngeblog itupun kalo sempat karna pulang kerja kan capek, trus evaluasi diri juga, tak lupa membaca. Udah gitu aja kak. 😁

    ReplyDelete
  9. Aku bulan kemarin nonton sedikit film dan baca sedikit buku wkwkwkwk, terus sama mulai belajar bahasa Korea lagi secara serius setelah mandek bertahun-tahun xD btw belajar bahasa asing tuh paling susah pas bab angka nggak sih? Mumet rasanya. Keren banget belajar bahasa Prancis, aku denger pronunciation-nya langsung mundur teratur karena susyeh huhuhuhu.

    ReplyDelete
  10. Entah kenapa yaa kadang kalo bilang "ah bulan ini mau lebih aktif blogging" Kok seringnya yang terjadi malah kebalikan yaa? Aku semacam mengalami kayak gini juga 😂

    Pipit tontonan di bulan Oktober banyak juga yaa.. Aku mau nonton Social Dilemma juga belum jadi-jadi aja udah masuk watch list padahal hehehe

    Dan keren banget Pipit belajar Bahasa Perancis... Aku tuh suka denger orang Perancis ngomong, tapi pronounce-nya kayak susah banget yaa buat diikutin.. Semangat belajar Bahasa Perancisnya Pipiiit 💕

    ReplyDelete
  11. Semangat belajar ya kak buat bahasa Perancis, yang menurutku emang agak susah sedikit ketimbang bahasa Inggris. Nanti juga pasti bisa kak, btw pakai applikasi apa kak? Ya sapa tau aku tetiba tergugah juga wkwkwk

    ReplyDelete
  12. Assalamualaikum Mbak Pit

    Eh ngomongin belajar bahasa Perancis, jadi teringat deh, dua puluh tahun lalu, saya tertarik belajar vocab bahasa Perancis gegara TTS and tertarik dengan pronunciationnya yang unik.

    Saya semangat blogging, tapi yah kendala time, terbentur jadwal MANJING (istilah kerja untuk warga plat AG)

    Keep posting Mbak Pit

    ReplyDelete
  13. Pipit itu pasti punya buaanyaaakk sekali hal yang sebenarnya bisa dibagikan.

    Kalau baca blogmu dari awal, semua itu kelihatan jelas kok 😁😁

    Gaya penulisnya juga menarik..😁😁

    Hayoo semangat Pit..semangat bagikan kepada dunia jangan disimpen sendiri..

    #kabur sebelum dikeprak Pipit

    ReplyDelete
  14. Hey pipit!

    wah banyak lumayan juga ya tontonan di bulan oktobernya, seru-seru... udah dicatat nih, mau nonton juga soalnya, hehe...

    Oktoberku ngapain aja ya? paling jadi rajin nulis blog, hehehe... nulis yang sekadar nulis biar terlihat aktif aja, bagus mah engga..

    wah keren bahasa Perancis, kalo aku justru ingin belajar bahasa Jepang tp masih kepengen aja, soalnya blm gerak-gerak aja nih,entah kenapa.. mungkin karena belum apa-apa udah mikir kalo bahasa jepang akan teramat sulit untuk dipelajari. heuheuu...

    semangat belajar bahasa perancisnya, berarti kedepannya bakal lebih sering muncul kata-kata berbahasa perancis ya? kan sekalian belajar dgn langsung praktek ke tulisannya :D

    ReplyDelete
  15. Wahh bagus sekali mbak belajar bahasa Perancis!! Saya belajar bahasa Jepang, suka sekali tapi malah terhenti seketika karna belajar sendiri, keliru sendiri. Haha! Mungkin perlu ke kelas satu hari nanti.

    ReplyDelete
  16. The Queens Gambit ini memang sekeren itukah? Banyak sekali yang merekomendasikan series ini. Saya belum sempat untuk menonton Emily In Paris, eh direkomendasikan The Queen Gambit lagi.

    Ohya, soal blogging saya selalu mesti punya 6-12 draf tulisan kalau-kalau saya sedang dalam keadaan tidak bisa menulis atau saya lagi ada kerjaan yang harus saya kerjakan. Jadi, kalau jadwal publish, saya tinggal mengedit sedikit dan menambahkan foto saja.

    Entah kenapa, bahasa Prancis ditelinga saya terdengar sangat seksi

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X